Header Ads

Header ADS

Pelatihan Blog Menggunakan Layanan Blogspot dari Blogger.com

Pelatihan Blog Menggunakan Layanan Blogspot dari Blogger.com

Pelatihan Blog dari WilanganBlog menggunakan layanan blogger dari Google. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu siapa saja yang ingin membuat blog maupun web secara gratis tanpa harus mengenal coding rumit dan instal blog menggunakan CMS (Content Managemen System). Pelatihan membuat blog dengan layanan blogger diharapkan membantuk siapa saja menyampaikan konten teks, gambar, suara, maupun video secara lebih luas dan bermanfaat.

Konten Pelatihan

  • Blog yang digunakan adalah bloger.com
  • Pelatihan diisi oleh narasumber yang sudah berkompeten di bidangnya
  • Pengenalan tools pada fasilitas blogger
  • Sesuai dengan materi yang akan dipelajari

Alasan Menggunakan Blogger

Alasan menggunakan bloger dalam pelatihan ini karena mudah digunakan. Fasilitas sangat familiar dengan pengguna. Blogger merupakan layanan membuat blog secara geratis menggunakan domain blogspot dan dapat diupgrade menggunakan domain lain dengan cara menyewa domain di layanan jasa sewa domain maupun hosting.

Manfaat Mempunyai Blog

Blog sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memperkenalkan informasi baik pribadi, kelompok, peristiwa, usaha, ataupun informasi lainnya. Pelatihan blog merupakan salah satu cara untuk mengembangkan diri atau bentuk lainnya untuk dapat menjangkau siapa saja sesuai dengan konten yang diinginkan.

Blog dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan untuk menyampaikan segala bentuk informasi, baik berupa konten teks, gambar, audio, ataupun video. Konten tersebut juga dapat disepesifikasi lagi untuk berbagai jenis informasi, seperti informasi edukasi, kesehatan, agama, bisnis, berita, toko online, dan pengembangan konten blog lainnya.

Contoh Pelatihan Pengembangan Blog

Pemanfaatan blog tentu dapat sangat banyak manfaatnya. Beberapa pengembangan blog dari hasil pelatihan wilanganblog.site seperti berikut:

Pengembangan Blog untuk Pembelajaran

Pemanfaatan blog dapat digunakan untuk pengembangan pembelajaran, baik di sekolah ataupun di perguruan tinggi. Konten pembelajaran di blog disesuaikan dengan syarat-syarat yang ada dalam kegiatan pembelajaran, seperti petunjuk pembelajaran, uji kompetansi, tujuan pembelajaran, materi pelajaran (teks, gambar, audio, video), simulasi pembelajaran, glosarium, dan evaluasi pembelajaran. Hasil pengembangan blog untuk pembelajaran dapat dilihat di Blog Pembelajaran Biology Insight.

Pengembangan Blog untuk Informasi Wisata

Pengembangan blog saat ini telah merambah di bidang pariwisata. Perkembangan pariwisata Indonesia yang sangat signifikan sangat perlu adanya informasi yang up to date dan akurat. Dengan memanfaatkan blog sebagai sarana penyampai informasi wisata, blog kini digunakan untuk berbagi info seperti jurnal wisata, berita wisata, paket wisata, harga paket wisata, tempat wisata se Indonesia, desa wisata. Hasil pengembangan blog untuk informasi wisata dapat dilihat seperti blog dari Desa Wisata Tinalah.

Pengembangan Blog untuk Personal

Saat ini blog telah banyak digunakan oleh personal atau orang sebagai sarana untuk menyampaikan informasi diri, baik kegiatan pribadi, opini pribadi, hasil harya, cerita perjalanan, maupun jadwal kegiatan pribadi. Blog pribadi di Indonesia banyak digunakan terlebih oleh artis-artis Indonesia untuk menyampaikan kabar terbaru kegiatan atau cerita-cerita inspirasi kehidupannya. Seperti Artis Raditya Dika yang terkenal bermula dari blog-nya. Pengembangan blog personal dapat dilhat seperti blog pengembangan dari Blog Personal Galuh Fahmi.

Pengembangan Blog untuk Penjualan Online

Perkembangan teknologi dan informasi (TI) di Indonesia saat ini sangat pesat. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Perkembangan TI masuk dalam sektor jual beli, semula  menggunakan model konvensional, saat ini sudah menerapkan penggunaan blog untuk melakukan penjualan. Blog saat ini dimanfaatkan untuk toko online sebagai market place digital. Pengembangan blog sebagai toko penjualan dapat dilihat seperti Toko Jahe Merah Muresko.

Kesuksesan Pengembangan Blog untuk penjualan online adalah blog lapak penjualan Mutiara dari Lombok. Pemilik blog ini mengembangkan blog menjadi blog konten yang menyediakan informasi mengenai mutiara secara lengkap menggunakan teknik SEO. Blog ini mampu meraih posisi di halaman satu google dan berhasil meyakinkan orang untuk berkunjung di Web Blog Missjoaquium dengan kata kunci Jual Mutiara Lombok.

2 komentar:

  1. Wah asik nih gan ada pelatihan begini. Kira2 mau ikutan gmna ya?apa bisa secara online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas. Ada waktu tertentu untuk kelas tatap muka. Kelas online akan dibuka sesuai jadwal. Tunggu info kelas online selanjutnya ya.

      Hapus

Silakan Memberikan Komentara Sesuai Dengan Tema Postingan

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.